9 Aplikasi Pilihan: Dari Game Edukasi, Trainer Pribadi, Sampai Aplikasi bagi Penderita Insomnia

Banyak pemilik smartphone yang merasa bingung dalam memutuskan aplikasi apa yang seharusnya mereka download dan gunakan. Banyaknya aplikasi yang tersedia di markerplacejuga menjadi salah satu hal yang membuat para pengguna smartphone baik itu Android, iOS, maupun Windows terlalu pusing untuk memilih.

Untuk itu, CHIP menghadirkan beberapa aplikasi pilihan yang mungkin dapat membantu menyempurnakan fungsi smartphone kesayangan Anda. Berikut ini beberapa aplikasi pilihan CHIP yang sudah dikelompokan berdasarkan platform yang ada seperti Android, iOS, dan Windows. Selamat mencoba!

Aplikasi Android

1. Snapseed

Tidak semua foto yang Anda jepret melalui smartphone atau tablet berkamera memuaskan Anda. Bisa saja ada beberapa foto yang cahayanya terlalu berlebih atau gelap karena background-nya terlalu terang. Apabila Anda mendapatkan foto-foto seperti ini, Anda tidak perlu khawatir. Melalui sebuah aplikasi khusus, Anda bisa menyempurnakan kekurangan yang ada di foto sehingga foto tampil lebih menarik.

Snapseed 1.60 bisa menjadi solusi untuk masalah tadi. Download dari Google Play Store dan jalankan di perangkat Android Anda. Penjelasan tentang fungsi-fungsi yang ada di aplikasi ini akan Anda dapatkan saat membuka aplikasi ini untuk pertama kalinya.

Buka salah satu foto yang Anda miliki dari "Gallery". Foto akan diletakkan di lembar kerja. Selanjutnya, melalui tool-tool yang ada di bagian kiri, Anda bisa bereksperimen dengan foto tersebut.AutoCorrect, Selective Adjust, Tune Image, Rotate, Detail, Crop, Black and White, Frames, dan masih banyak tool lainnya bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan foto.

Kesimpulan: Aplikasi untuk mengedit foto-foto Anda yang memiliki beberapa kekurangan di dalamnya. Tool yang ada cukup mudah digunakan dan hasilnya bagus. Hasil edit juga bisa di komparasi dengan keadaan foto sebelum diedit.





2. ABC kids reading

Kata-kata dalam bahasa Inggris terkadang susah dipelajari oleh anak-anak. Inilah yang diperhatikan oleh pengembang aplikasi Kids Reading. Melalui sebuah game kecil, anak-anak dapat diajari cara pengucapan setiap huruf dengan mudah dalam sebuah kata-kata sederhana.

Kata-kata dalam permainan ini ditampilkan dengan sebuah animasi menarik. Contohnya kata "Run" yang digambarkan dengan sebuah hewan yang sedang berjalan. Anda dapat men-tap setiap huruf yang ada dalam kata tersebut. Aplikasi akan memberkan bunyi yang mudah dimengerti dari setiap huruf tersebut sehingga anak-anak dapat menangkapnya dengan mudah.

Selain belajar membaca, aplikasi ini juga memiliki permainan tebak kata yang disinkronkan dengan gambar. Anda cukup memilih kata-kata yang berhubungan dengan gambar yang tampil. Ada juga permainan tebak huruf dalam sebuah kata. Anda cukup mencari satu huruf yang hilang dalam sebuah kata.

Kesimpulan: Edukasi ringan untuk anak-anak untuk mengucapkan setiap kata-kata dalam bahasa Inggris. Penyampaian aplikasi ini cukup informatif karena memiliki animasi-animasi menarik dalam setiap permainan yang ada di dalamnya.




3. Cam Scanner

Apakah Anda memiliki banyak dokumen dalam bentuk image? Coba gunakan aplikasi ini untuk men-scan image tersebut sehingga dapat disimpan dalam sebuah dokumen PDF yang dapat diedit dan di-share.

Download aplikasi ini dari Google Playstore. Versi trial-nya diberikan dengan gratis. Namun, untuk mendapatkan semua fungsi Anda harus meregistrasikan aplikasi ini dan membayar dengan biaya tertentu. Fungsi yang diberikan dapat memudahkan Anda untuk menangkap setiap gambar yang ada. Aplikasi ini akan mengambil gambar melalui sebuah kamera atau mengambil langsung dari Gallery. Tidak usah khawatir objek yang ditengkap tidak lurus. Aplikasi ini akan mengoreksinya de­ngan cepat. Selanjutnya, melalui sebuah fungsi edit, Anda bisa mengedit isinya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan catatan-catatan khusus di dalamnya.

Kesimpulan: Aplikasi sederhana dengan fungsi OCR sehingga dapat mengambil gambar dan mengedit teks yang ada di dalamnya. Aplikasi ini juga memiliki fungsi share untuk berbagi dokumen. 



Editor : Nur Hasanah
sumber http://chip.co.id

0 komentar:

Post a Comment