5 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami


Jerawat seringkali meninggalkan bekas luka sebagai pertanda bahwa ia pernah hadir. Tentu saja hal ini membuat kulit kita menjadi kurang sedap dipandang mata. berikut ini adalah 5 cara alami pengobatan di rumah untuk mengurangi dan akhirnya menghilangkan bekas jerawat secara permanen. Jika bekas luka jerawat anda tidak terlalu dalam, mudah-mudahan cara ini dapat bekerja efektif untuk anda.

1. Putih telur – Putih telur memiliki kualitas penyembuhan yang sangat kuat yang akan membantu menyembuhkan bekas jerawat anda dan akhirnya membuatnya menjadi kurang terlihat. Putih telur penuh dengan protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori untuk mencegah jerawat baru sekaligus mencerahkan kulit bekas luka. Ambil mangkuk kecil dan kocok 3 putih telur sampai mereka menjadi lembut dan putih. Gunakan jari anda dan oleskan secara merata putih telur pada kulit anda – berkonsentrasi pada area yang bermasalah. Biarkan putih telur mengering pada kulit dan tunggu beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan ini 2-3 kali seminggu.

2. Baking soda – Baking soda memang kasar tetapi tidak sekasar yang dibayangkan. Itu adalah partikel-partikel kecil yang halus dan tidak akan merusak kulit. Dan jika diterapkan dengan benar akan secara lembut mengelupaskan lapisan atas sel-sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit wajah menjadi teriritasi atau meradang. Cukup campurkan sedikit baking soda dengan air. Setelah itu oleskan baking soda ke kulit anda sambil dipijat dengan lembut dan biarkan selama satu menit, sebelum dibilas dengan air hangat. Ingatlah untuk selalu melembabkan kulit anda setelah itu; cobalah pijat wajah anda dengan beberapa tetes minyak zaitun. Ulangi hal ini sebanyak 2-3 kali seminggu atau tergantung pada tingkat pengelupasan kulit anda.

3. Jeruk lemon – Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang, bersama dengan laktat dan asam glikolat, adalah salah satu yang paling sering ditemukan Alpha Hydroxy Acids atau AHAs. AHAs sangat dikenal dalam penggunaan kosmetik. Banyak produk perawatan kulit, termasuk krim anti-penuaan dan chemical peeling, memiliki AHAs di dalamnya sebagai bahan utama. Aplikasi topikal dari AHAs disebutkan untuk mendorong peningkatan produksi kolagen dan meningkatkan ketebalan kulit, atau dengan kata lain memiliki sifat penyembuhan yang lebih untuk bekas luka pada kulit. Selain itu, jeruk lemon, karena mengandung asam alami, adalah disinfektan kuat yang membantu dalam menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat serta merupakan exfoliant alami yang menghilangkan sel-sel kulit mati dan memfasilitasi pembentukan kulit baru yang sehat. Selain itu, jeruk lemon membantu dalam mencerahkan warna kulit dan melawan efek dari hiper-pigmentasi – kenang-kenangan lain dari jerawat anda.

Sebelum menggunakan jeruk lemon, pastikan bahwa kulit anda bersih dengan mencucinya dengan pembersih jerawat ringan. Kemudian ambillah mangkuk dan peras 1-3 jeruk lemon ke dalamnya Ambil bola kapas dan celupkan kedalam perasan lemon. Oleskan kapas ke area bekas jerawat namun jangan berlebihan. Ulangi ini 2-3 kali seminggu. Ingat jika anda memiliki kulit sensitif, jeruk lemon dapat menyebabkan efek menyengat, tapi kemungkinan hanya akan terjadi pada saat-saat awal. Jika efek menyengat disertai kemerahan signifikan maka hentikan penggunaan karena kulit anda terlalu sensitif untuk metode ini.

4. Lidah buaya – jus atau gel lidah buaya, adalah cara yang fantastis untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya dapat menenangkan kulit yang meradang, lidah buaya juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi jaringan yang rusak. Penggunaan yang rutin akan mencegah jerawat pecah, meringankan pembengkakan dan merangsang pertumbuhan sel baru sehingga mengurangi bekas jerawat yang akhirnya memudar dari waktu ke waktu. Banyak industri kosmetik yang mengakui pentingnya tanaman ajaib ini dan menggabungkan ekstrak lidah buaya dalam banyak produk perawatan kulit. Anda dapat membeli obat jadi yang dijual bebas, namun sangat disarankan anda mendapatkan lidah buaya yang masih segar. Anda dapat menumbuhkan sendiri tanaman lidah buaya di halaman belakang rumah anda atau jika tidak memungkinkan anda dapat mencarinya di pasar (lidah buaya yang masih segar sangat baik karena tanpa zat aditif).

5. Minyak zaitun – Minyak zaitun dikemas dengan zat besi serta vitamin A, D, E, C, B1 dan B2. Vitamin E semakin diakui sebagai pemain penting dalam membantu memerangi proses penuaan. Minyak zaitun yang kaya akan anti-oksidan dan agen anti-inflamasi membantu mencegah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara efektif. Karena minyak zaitun adalah non-comedogenic yaitu tidak menyumbat pori-pori, dan karena secara efektif melarutkan kotoran dan minyak yang terperangkap dalam pori-pori kita; sehingga minyak zaitun merupakan pengobatan bekas jerawat yang baik. Sebelum pergi tidur pijat lembut kulit wajah anda dengan menggunakan minyak zaitun, berkonsentrasi pada titik-titik yang bermasalah. Lanjutkan memijat selama beberapa menit sampai anda merasakan bahwa pori-pori anda benar-benar penuh. Sesudah itu tutupi wajah anda dengan kain hangat untuk membuka pori-pori. Perlahan hapus minyak yang masih menempel di wajah. Ulangi proses ini 1-2 kali sebelum membilas wajah dengan air dingin. Kemudian oleskan dengan sangat tipis minyak zaitun pada wajah anda dan biarkan selama setidaknya 15 menit sebelum tidur.

Metode perawatan kulit ini datang tanpa efek samping yang signifikan dan baik untuk kulit anda, namun kelemahannya adalah bahwa seperti kebanyakan obat-obatan alami lainnya, yaitu akan memakan cukup waktu untuk memudarkan bekas jerawat anda. Jika, anda khawatir dalam menerapkan bahan kimia pada kulit anda seperti yang ditemukan dalam banyak produk kosmetik komersial, maka metode ini sangat disarankan.

sumber http://www.akuinginsukses.com/

0 komentar:

Post a Comment