Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android Secara Online


30 Aug 2014 11:00
Android, siapa tidak kenal kecanggihan robot hijau ini. Sejak kemunculannya, Android telah digadang akan memiliki banyak pengguna dan memimpin dunia teknologi. Selain beragam macam perangkat tablet, smartphone dan jam tangan yang menggunakan sistem operasi ini, aplikasi Android juga sangat beragam. Hal inilah yang menjadikan Android besar dan digunakan banyak orang.

Aplikasi Android yang selalu Anda unduh melalui market Google Play Store sangat bermacam-macam. Banyaknya pengguna aplikasi Android tersebut memberikan keuntungan yang besar lho bagi para pembuatnya. Anda ingin mencoba membuat aplikasi Android? Ini dia langkah-langkah membuat aplikasi Android yang bisa Anda lakukan secara online:

Manfaatkan Program Yang Telah Ada
langkah pertama membuat aplikasi Android secara online adalah dengan memanfaatkan sebuah program yang telah ada. Salah satu program yang saat ini cukup populer di gunakan adalah iBuildApp yang memungkinkan Anda membuat aplikasi Android dengan cepat, mudah dan gratis. Selain itu, “mesin” pembuat aplikasi Android ini juga dapat membuat Anda memperluas aplikasi yang telah dibuat ke khalayak umum dan memperbaharui konten yang ada di dalamnya secara realtime.

Yang menarik dari iBuildApp adalah adanya kemudahan pada pengembang dalam membangun aplikasi tanpa harus direpotkan dengan coding. Saat membuatnya, Anda hanya akan membutuhkan HTML dan JavaScript yang memang telah disediakan dalam program ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membuat aplikasi dengan mengoptimalkan fungsi dan fitur yang memang telah terdapat pada smartphone atau tablet berbasis Android, seperti sensor accelerometer, kompas, giroskop, kamera dan phone book.

Pilih Template Sesuai Kategori

Anda bisa membuat aplikasi Android menggunakan iBuildApp dengan mendaftarkan akun Anda secara gratis. Setelah Anda mendaftar dan login, Anda bisa mulai mulai membuat aplikasi Android dengan mengklik fitur Make Your Own App. Dalam fitur tersebut, Anda bsa memilih kategori template sesuai jenis aplikasi Android yang akan dibuat, seperti Blogs and Magazine, Photography, Sport, Small Business, Commerce dan Restaurant. Selain kategori diatas, terdapat juga versi premium dan berbayar. Namun untuk permulaan, Anda bisa memanfaatkan template gratis tersebut.

Men-desain

Setelah menemukan template yang sesuai, Anda bisa melanjutkan langkah dengan menekan tombol Create App. Dengan masuk ke dalam fitur tersebut, Anda kini memasuki ruang desain dan bekerja layaknya seorang developer profesioan. Di dalam fitur tersebut, Anda bisa menentukan background, manage navigation, set logo, manage content dan memilih splash screen. Anda jangan ragu untuk menggunakan fitur ini karena jika terjadi kesalahan, Anda dapat mengulangnya dengan mudah.

Publikasikan!

Jika Anda selesai mendandani aplikasi, jangan lupa untuk menekan tombol save dan memberikan nama yang sesuai pada aplikasi yang telah Anda buat. Setelah Anda yakin telah menyelesaikan sebuah aplikasi Android, Anda sekarang bisa mempublish aplikasi tersebut untuk dipajang di website iBuildApp Store. Bagaimana, mudah sekali kan membuat aplikasi Android secara online?

Anda juga bisa mengakses dan membuat aplikasi Android dalam iBuildApp dengan memanfaatkan smartphone. Saat Anda mengakses program ini, Anda akan dihadapkan langsung pada menu utama yang berisikan ikon menu seperti Create Your App, Upload Your Content, Host Your App dan Real-time Update. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti step seperti di atas dengan memulainya pada Create Your App.

Dengan cara yang sangat mudah, kini Anda bisa membuat aplikasi Android sendiri. Hal ini juga sangat pas bagi Anda yang ingin membuka usaha online dengan memanfaatkan aplikasi Android untuk memperlengkap strategi marketing digital bisnis dan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Selamat mencoba! [ARD]
sumber http://portal.paseban.com/article/158405/cara-membuat-aplikasi-android-secara-online

0 komentar:

Post a Comment