10 Cara Sederhana Untuk Menyembuhkan Flu





Ada cara sederhana dan efektif untuk menyembuhkan flu, penyakit infeksi virus yang paling populer di muka bumi. Kebanyakan orang mendapatkan flu 2 sampai 4 kali dalam setahun. Bahkan anak-anak lebih rentan terkena flu, dengan setidaknya mendapatkan flu 6 sampai 10 kali setahun. Penyakit flu juga merupakan alasan yang paling umum ketika mengunjungi dokter.

Flu biasa normalnya berlangsung selama satu minggu, meskipun kadang-kadang dapat bertahan hingga 2 minggu, dan dapat disembuhkan tanpa pengobatan. Jika anda melihat bahwa penyakit flu anda berlangsung lebih dari dua minggu, maka itu adalah sesuatu yang serius dan anda harus segera mengunjungi dokter anda.

Virus flu datang dalam sekitar 200 bentuk yang berbeda. Kita bisa terkena flu melalui pernapasan, berjabat tangan, atau bersentuhan. Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang pikir, kita tidak mendapatkan flu karena perubahan iklim, gizi buruk atau berolahraga. Statistik juga menunjukkan bahwa orang yang menderita asma atau alergi lebih mungkin terinfeksi oleh virus flu. Stres juga merupakan salah satu alasan kita mendapatkan flu.

Ada langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan flu. Artikel ini memberikan gambaran dari 10 cara sederhana untuk perawatan cepat dari penyakit flu.

Gejala yang paling umum dari flu:
Hidung tersumbat dan berair
Batuk
Bersin
Sakit tenggorokan
Kelelahan
Berkurangnya fungsi indera penciuman dan pencicipan
Mata berair
Demam
Teknik Pencegahan Flu

Untuk mengurangi kemungkinan mendapatkan virus flu, anda dapat mengikuti aturan-aturan sederhana:
Cuci tangan anda secara teratur – dan selalu mencuci tangan sebelum makan atau sebelum menyentuh mata dan mulut anda.
Bersihkan permukaan barang-barang yang rawan terkena kuman seperti pegangan tangan.
Cobalah untuk menghindari orang-orang yang sedang terkena penyakit flu.
Hindari berada dalam ruangan dengan banyak orang, terutama selama periode dimana penyakit virus sedang meningkat.
10 Cara untuk menyembuhkan dari flu

1. Mengkonsumsi banyak cairan

Pertolongan pertama dari flu, cobalah untuk mengkonsumsi banyak air putih, jus dan minuman seperti teh atau herbal. Cairan mencegah pengeringan tenggorokan dan hidung kita, mereka membantu kelenjar selaput lendir untuk tetap terbuka sehingga mudah dibersihkan. Cairan juga berharga ketika anda terkena demam. Dalam hal ini ada peningkatan risiko kehilangan cairan karena dehidrasi. Selain itu, hidrasi tubuh berkontribusi pada penghapusan racun yang dihasilkan dari sel-sel mati, sehingga meningkatkan kemampuan sel untuk melawan virus.

2. Hindari kopi dan alkohol

Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena zat tersebut cenderung mengeringkan tubuh kita dan ini bukanlah apa yang kita inginkan ketika kita terkena flu.

3. Uap air dan mandi air panas

Uap air dan mandi air panas adalah obat rumah yang paling umum untuk flu. Beberapa orang berdiri di kamar mandi dengan siraman air panas; sementara yang lain menghirup uap di atas panci dengan air mendidih. Diyakini bahwa uap dapat mengatasi hidung tersumbat. Virus ini juga rentan terhadap suhu yang sangat tinggi, sehingga ada kemungkinan bahwa uap dapat melumpuhkan virus melalui rongga hidung.

4. Sup panas

Banyak orang menganggap sup panas sebagai obat terbaik dari flu. Keuntungan dari obat tradisional itu berasal dari kaldu, yang membuat tubuh terhidrasi dan juga membantunya lewat uap. Oleh karena itu, mungkin bahwa setiap jenis kaldu panas akan membawa manfaat yang sama. Penelitian yang dilakukan terhadap konsumsi sup ayam pada orang-orang yang terkena flu menunjukkan bahwa bahan-bahan sup ayam benar-benar dapat mengurangi pembengkakan pada rongga hidung dan membantu dalam penyembuhan lebih cepat dari flu. Sup ayam juga menyediakan protein dari ayam, zat penting bagi tubuh kita untuk membangun antibodi melawan virus.

5. Menggunakan humidifier (alat pelembab udara)

Perangkat ini adalah metode yang baik untuk membuat udara lebih lembab. Ini dapat membantu menjaga rongga hidung dalam bentuk cair sehingga menghindari penyumbatan hidung. Bila menggunakan humidifier, pastikan untuk membersihkannya secara teratur untuk mencegah kemungkinan terlepasnya jamur ke udara.

6. Istirahat

Salah satu faktor paling penting dalam menyembuhkan flu adalah tidur yang berkualitas. Anda harus mendapatkan banyak istirahat agar tubuh anda dapat melawan virus flu dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Jika anda tekena demam, anda harus tinggal di rumah, matikan ponsel anda dan cobalah untuk bersantai. Kebanyakan orang cenderung untuk mencoba dan mengatasi flu dengan melakukan aktivitas dan tidak beristirahat. Saran para ahli adalah untuk tinggal di rumah dan bersantai selama dua hari di lingkungan yang hangat. Suhu yang ideal adalah 24-25 Celcius.

7. Cuci mulut anda dengan air garam

Ini mungkin terdengar seperti saran dari nenek anda, tetapi pada kenyataannya telah banyak dipraktekkan bahwa mencuci mulut dengan air garam adalah salah satu obat untuk sakit tenggorokan. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan lakukan 5-6 kali kumur. Ini pasti akan meringankan sakit tenggorokan anda.

8. Tidak merokok

Meskipun anda harus berhenti merokok untuk sejumlah alasan, namun merokok ketika anda terkena flu memiliki kerugian tambahan karena merokok dapat memperburuk gejala flu.

8. Perhatikan diet anda

Meskipun tidak terbukti bahwa diet dapat membantu anda sembuh dari flu, makan buah-buahan dan sayuran penuh vitamin C dapat membantu Anda mengatasi penyakit flu lebih cepat. Vitamin C memperkuat daya tahan tubuh, melindungi dari penyakit virus dan meningkatkan fungsi sel darah putih, yang berperan untuk melawan virus. Makanan lain, yang dapat membantu anda pulih lebih cepat dari flu, diantaranya:
- Bawang putih
- Madu
- Peppermint
- Jeruk, lemon, seledri, kembang kol
- Makanan yang mengandung zinc

10. Jangan Berolahraga

Hindari olahraga dan segala macam aktivitas fisik, selama 3-4 hari untuk memberikan tubuh anda kesempatan dan kekuatan memerangi virus.

sember http://www.akuinginsukses.com/10-cara-sederhana-untuk-menyembuhkan-flu/

0 komentar:

Post a Comment